(Foto;Ketika disapa Jhonny sedang menonton video youtube)
NARASI; ANAK MUDA TERCANDU DENGAN TEKNOLOGI SEKALIPUN IBADAH
(Penulis; Jhon Lhau'rens Tabunny)
JLHATABLOID.COM - Minggu, 04 November 2018. Pukul 15.00 Wit. Anak Muda dibawa umur tercandu dengan teknologi. Hal ini dilihat ketika ada Ibadah dan Doa Pemulihan yang diselenggarakan oleh Tim Peduli GIDI Wilayah Yamo Kabupaten Puncak Jaya, Di Aula STAKIN Sentani Kabupaten Jayapura.
Sedang dalam suasana ibadah di tengah tengah dimana kami duduk. Sampaingnya ada seorang kanak-kanak (anak kecil), memegang Hand Phone merek Samsung Android. Dia menonton sinetron, film dan rekaman berbentuk video melalui you tube dan juga memainkan Game di HP yang didownload.
Saya tidak sempat menanyatakan namanya, jadi kutip saja “Jhonny”. sejak kami mulai duduk hingga selesai Ibadah Doa Pemulihan itu, jhonny tidak sama sekali fokus fikiran dan pandangan pada ibadah walaupun ia mendengar suara pemimpin ibadah di saat itu.
Ibu kandung dan kakaknya sendiri duduk di samping kiri dan kanan Ketika jhonny memainkan Game dan menonton video-video tersebut. Kakaknya tegur bawah; “ade.. jangan main HP, ini ada ibadah”. Dengar Suara Kakaknya di telingan saya. namun respon jhonny hanya memandang wajah pada kakaknya dan terus memainkan Game dengan jumlah volume standar. Dengan volume standar, kami yang duduk di sekeliling itu mendengar suara volume tersebut.
(Foto;Ketika disapa Jhonny sedang menonton film youtube)
Saya menulis narasi ini tidak bermaksud mencampuri urusan dan hal seseorang baik itu orang dewasa maupun anak dibawa umur. Namun narasi ini dengan pernyataan saya dalam bentuk pertanyaan yaitu; “BAGAIMANAKAH POLA HIDUP GENERASI DI KEMUDIAN HARI APABILA ANAK MUDA PAPUA DIBAWA UMUR TIDAK TERDIDIK OLEH ORANG TUA DENGAN RUANG YANG POSITIF NAMUN TANPA SADAR DIRI DAN ORANG TUA, GENERASI TERIPNOTIS ATAU TERCANDU DENGAN TEKNOLOGI HARI INI?”.
Dengan pertanyaan diatas penulis ingin menulis narasi ini sebagai bentuk resume singkat untuk kaum intelektual berfikir dan memberikan pandangan yang visioner dengan kontekstual yang penulis menulis.
Saya mengangkuk-angkuk dengan tindakan jhonny yang tidak diarahkan baik dan benar oleh orang tua dan kakaknya, baik di tempat ibadah dan juga di rumah. Saya mempertanyakan pada diri saya dengan gaya jhonny yang begitu kecanduan dengan teknologi yang lewat batas.
“SEJAUH MANA DIDIKAN ORANG TUA KEPADA JHONNY ?”
Kami orang papua adalah salah satu mayoritas kristen terbesar di indonesia. Dengan keyakinan tersebut, rata-rat orang papua terdidik anak dengan rohani sejak usia dini hingga dewasa. Dengan pandangan seperti itu saya mempertanyakan Didikan Orang Tua Terhadap Jhonny, karena dalam keadaan ibadah dan doa bersama saja masih berkoar semangat dengan melihat video dan game yang dimainkannya.
(Foto;Ketika disapa Jhonny sedang menonton video youtube)
BAIK DAN BURUKNYA TEKNOLOGI
Penulis menggambarkan sedikit baik buruknya teknologi terhadap manusia terutama pada anak muda dan ada berapa aplikasi Game di HP, Laptop dan Komputer yang bisa kita gunakan untuk membangun dan meningkatkan persepsi, pola fikir, mengobservasi dan menghadirkan imajinasi untuk menganalisis apapun di alam fikiran, lingkungan atau sesama dalam kehidupan dan ada juga memburukan manusia dari teknologi nah… ini salah satu positif dari teknologi tersebut. Misal; Aplikasi Augmented Reality (AR), aplikasi ini memiliki tujuan dan manfaat serta kegunaan tersendiri. Menurut Brian (2012) AR merupakan suatu istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia viual yang diciptakan oleh manusia melalui komputer menjadikan batas antara keduanya menjadi sangat tipis. Jadi jelas sistem ini lebih mengarah terhadap lingkungan secara nyata atau real, realitiy lebih mengutamakan sistem ini.
Aplikiasi ini memiliki tujuan dan ada manfaatnya. AR bertujuan untuk mengambil dunia nyata sebagai alam dasar dalam penggabungan dari banyak teknologi dan juga menambahkan data dan konseptual supaya dapat memahami manusia sebagai user dan menjadi semakin jelas hakikatnya. Maksud data dan konseptual tersebut bisa dalam bentuk komentar, audio, data lokasi, konteks sejarah maupun berupa bentuk lainnya dalam AR.
Dengan adanya Augmented Reality, lingkungan nyata di sekeliling kita bisa menjalankan inteaksi dalam bentuk digital (virtual). ini Om laki-laki namanya Fernando mengutip kalimat tentang adanya teknologi AR dia menyatakan bahwa; Informasi-informasi mengenai obyek dan lingkungan disekitar kita bisa ditambahkan dalam sistem augmented reality yang selanjutnya informasi tersebut ditampilkan pada layar dunia secara real time seolah-olah informasi itu adalah nyata. Fernando (2013).
Fungsi AR itu untuk menambah persepsi seseorang seperti yang saya jelaskan di atas bahwa dari dunia yang ada disekelilingnya dan menjadikan beberapa dunia virtual dan nyata sebagai antarmuka yang baru yang bisa menujukkan informasi yang relevan dan bisa membantu dalam bidang pendidikan, pelatihan, perbaikan atau pemeliharan, manufaktur, militer, permainan dan semua macam hiburan. (www.sepengetahuan.com)
(Foto;Ketika disapa Jhonny sedang menonton youtube video india-pakistan)
Dari sisi tujuan dan fungsi AR diatas ada juga manfaat yaitu ada beberapa contoh baik untuk manusia (www.sepengetahuan.com);
1. Hiburan (Entertainment)
Dunia hiburan memerlukan AR sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh yaitu pada saat seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca dia berdiri di depan layar hijau atau biru. Selanjutnya dengan teknologi AR layat hijau atau biru itu berubah menjadi gambar animasi mengenai cuaca tersebut, menjadikan seolah wartawan tersbeut masuk ke dalam animasi tersebut.
Pada Militer Training, teknologi in digunakan dalam latihan tempur mereka. Sebagai contoh adalah militer memakai AR untuk membuat suatu permainan perang, yang mana prajurit akan masuk ke dalam dunia game tersebut dan seolah-olah seperti sedang melakukan perang secara nyata.
2. Engineering Design
Seorang engineering desing memerlukan AR untuk menggambarkan hasil design mereka secara nyata kepada klien supaya tahu, mengenai spesifikasi yang secara detail mengenai desain mereka.
Selain itu dalam bidang Robotics dan Telerobotics dalam bidang robotika, seorang operator robot memakai pengen dari pencitraan visual dalam melakukan kendali robot tersebut, sehingga penerapan AR sangat diperlukan pada dunia robot.
3. Consumer Design
Virtual Reality sudah dipakai dalam melakukan promosi produk. Sebagai contohnya adalah seorang pengembang memakai brosur virual untuk memberikan informasi yang rinci secara 3D, menjadikan pelanggan bisa mengetahui secara jelas, produk yang ditawarkan.
4. Kedokteran (Medical)
Teknologi pencitraan sangat diperlukan pada dunia kedoteran misalnya adalah untuk pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dan lain sebagainya. Untuk itu, bidang kedokteran melakukan penerapan AR pada visualisasi penelitian mereka
Dari AR tersebut banyak hal positif yang bisa kita manfaat untuk belajar dan memahami fenomena dunia global melalui Augmented Reality namun pada kenyataanya kami belum sampai kesana.
Bukan hanya AR namun banyak aplikasi dan program-program yang ada dalam dunia teknologi untuk kita belajar, belajar dan belajar agar menjadi manusia yang lebih baik di kini dan masa depan.
Dari baikknya teknologi, ada juga buruk seperti yang penulis jelaskan di atas kemudian topik kali ini juga merupakan nyata dari kondisi keburukan tersebut terhadap manusia yang penulis ingin coret di lembar putih ini.
sejak hadirnya era global muncul begitu banyak teknologi secara langsung dan tidak langsung itu dilihat dari banyak barang yang bisa kita kerjakan dengan mudah dan tepat waktu dengan teknologi namun kami kadang tidak sadar dengan hal itu adalah baik bagi kami maka perlu kami manfaatkan sebaik mungkin.
Keburukan yang terjadi kepada manusia umumnya akibat teknologi merupakan hal yang tidak benar Mengapa?, karena tindakan keburukan itu muncul ketika kita berfikir dengan gaya yang tidak konsisten dan tidak terdidik. Hal ini salah satu kenyataan terjadi pada jhonny dimana dia fokus fikiran pada hal yang tidak berguna sama sekali walaupun keberadaan jhonny adalah waktu yang harus fokus sebagai umat yang baik untuk menjadi orang yang lebih baik dari yang sebelumnya dan utamanya memiliki kejiwaan untuk bangun persekutuan yang lebih efisien dengan Tuhan.
Ketika saya melihat aksi jhonny yang begitu serius dengan game yang ia lakukan. Saya mulai berfikir, Apa yang akan terjadi ketika semua anak muda papua teripnotis seperti jhonny?. saya juga mempertanyakan bahwa Apakah kerja jhonny ini selalu atau sering lakukan atau hanya ketika di tempat dimana saya melihat?. saya juga tidak sempat bertanya pada Kaka, dan ibu bahkan Jhonny karena saat itu moment yang tidak memungkinkan. Namun saya hanya memandang bahwa hal ini salah satu faktor keburukan terbesar yang terjadi pada generasi muda papua terutama pada para penerus yang baru bertumbuh. Ketika aksi seperti ini terus dibiarkan berjalan mulus tanpa interogasi untuk menjadi lebih baik maka kemulusan tersebut akan membawa generasi kepada kebinasaan (mati rasa).
Narasi tersebut bukan opini melainkan realita yang kini terjadi di tanah papua dan berbargai belahan pelosok bumi ini, oleh seba itu kini saatnya kami semua menjadi aktor pemerhati dalam pendidikan dan pengajaran sebagai manusia yang bersosial. Ketika kami paham, bersatu, dan maju untuk meretas pemahaman gagal dalam hal teknologi akan ada pemahaman yang logis untuk menggunakan teknologi pendekatan nalar dan jiwa yang sehat.(Jlt).
0 Komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !